Happy World No Tobacco Day!

5:50 PM

Hello, pasti buat lo yang gak suka sama asap rokok, merasa merdeka hari ini~

Apa lagi kalo bukan: World No Tobacco Day!
Bahkan umat non-perokok dan perokok pasif juga merasa senang dengan hari ini.
Dari ibu-ibu yang lagi naik angkot sampe anak-anak yang lagi asma.
Ibu-ibu yang lagi di angkot bisa deh tuh marahin penumpang yang seenak udelnya ngerokok sembarangan.
Nah, sang mama juga bisa marahin bapak-bapak yang merokok atas nama kesehatan sang buah hati.
Intinya, mari rasakan udara bersih bersama. Udara Jakarta yang lebih bersih dibanding hari lainnya.hehe

Tapi sadarkah, kalo hari ini gak ngaruh sama sekali buat perokok aktif, baik cowok maupun cewek.
Man, mereka tetep aja ngebul sana ngebul sini, buang penyakit ke paru-paru sendiri dan paru-paru orang lain.
Karena merokok itu adalah value buat mereka. Value of life yang mereka bawa masing-masing. Ya, 11-12 sama dosa. Ketika ngomong,'rokok-rokok dia, duit-duit dia', sama aja kayak ngomong, 'dosa-dosa dia, kuburannya juga masing-masing'.
Betul ga?
Betul!
--kata orang apatis--


Kalo lo mau lebih peka, hampir semua laki-laki merokok, dan cuma sebagian yang mengaku lelaki tulen bukan gay dan bukan perokok--walaupun sisanya diem-diem adalah gay dan memutuskan tidak merokok atau diem-diem adalah gay dan memutuskan untuk merokok--take a role aja! *sorry no offense*

Point gue, dari hari ini, buat semua perokok dari Sabang sampai Merauke, just watch out!
Emang sih buat yang udah ngerokok akan bilang 'asem nih kalo ga ngerokok!', atau ngajakin temennya yang lain buat ngerokok dengan nawarin rokok, merasa lebih relax dan bisa ngebaur dengan bicara sambil ngerokok.

Tapi, mennn, dengan ngebul setiap saat, bukan hanya kesehatan lo yang akan terenggut, tapi duit lo, dan lo cuma memperkaya kaum kapitalis. Negara kita tuh udah jadi negara Marlboro, dari anak balita aja kuat nge-rokok sampe-sampe diliput sama The Vanguard Sneak Peak dengan tajuk Sex, Lies, and Cigarettes.


Negara kita jadi negara percontohan  atas fenomena manusia yang doyan banget ngerokok.

Walaupun lo perokok aktif, lo gak akan biarin anak kecil, yang punya peluang mengembangkan bangsa udah rusak paru-parunya, udah rusak jantungnya, udah item rongga dadanya gara-gara timbunan karbon.

Pagi ini gue ngeliat di Indonesia segitu concern-nya sama hari ini, sampe-sampe jadi trending topic di Twitter.



Urutan ketiga, men! What will you gonna say?

Biar gimana pun juga seorang ayah pasti akan melarang anaknya yang masih kecil untuk merokok. Karena dia sadar rokok itu gak baik untuk kesehatan.
Walau pun perusahaan rokok menyangkal fakta ini, konsumen udah tahu kejahatan lintingan tembakau dengan campuran bahan kimia lainnya. Tapi apa mau dikata, produsen telah memiliki konsumen yang loyal!

Dan jangan sampe aja bokap lo meninggal (amit-amit, semoga bokap gue panjang umur, amin.) gara-gara ini.




Gue saran sih ada helm transparan buat perokok, biar mereka bisa ngerokok dengan asap yang mengepul-ngepul hanya di dalam helm-nya, dan sang perokok menghisap semua asapnya. Perokok juga jadi kayak manusia planet karena punya helm mirip akuarium dengan penuh asap dan menyedot asapnya sendiri. Karena slogan produk helmnya: 'nikmat sih. tapi rela bagi-bagi?'
Jahat sih. Namanya juga saran.haha


Semuanya udah jadi bubur sih, gue gak pernah ngelarang orang buat ngerokok, karena itu hak mereka. Tapi, menghirup udara yang bersih adalah hak kita semua. Semua makhluk hidup, tanpa terkecuali.

Nasi telah menjadi bubur, bubur telah menjadi e'ek karena udah masuk proses pencernaan. Tapi, e'ek bisa tuh dijadiin kompos dan menghidupkann makhluk hidup lain.

Jadi buat lo yang udah jadi perokok, entah terpaksa, ngikut-ngikut atau udah jadi falsafah dalam hidup lo, gapapa sih. Lo sendiri juga yang pendek umur, tapi bisa 'kan buat toleransi ke sesama manusia? Hal kecil yang bisa lo lakuin adalah dengan nanya sama orang yang ada di sekeliling lo: 'lo ngerokok ga?' Kalo sampe ada yang gak ngerokok, hal yang lo bisa lakuin:
1. Nahan gak ngerokok
2. Nyari spot tempat ngumpulnya orang ngerokok (smoking area)
3. Merokok yang bertanggung jawab (gak buang asap rokok di muka orang)
4. Dan hal bijaksana lainnya.

Ribet, ya?
Makanya....



Btw, gue dapet satu video yang bikin gue tersentuh. Keren banget, dan gue berharap bisa buat video macam ini suatu hari nanti. Sayang tools-nya belum ada.heheh

Tanpa bawel lagi, check this out and feel it in your deepest heart. Sini dicium dulu biar semangat! *smooch*
wkwkwk


Finally, Happy world no tobacco day!

You Might Also Like

0 comments