tulisan untuk UI-Guide 2011 (terbit Agustus 2011) #3

2:47 AM

UI Project


Halo UI-ers, tahukah kamu proyek apa saja yang ada di kampus kita?
Salah satunya adalah Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia yang katanya paling besar se-Asia Tenggara loh!
Buat kamu yang masih bingung ada apa saja di dalamnya, yuk lihat infografik!

dibuat dengan Adobe Photoshop CS 3.
masih sederhana sih, tapi buatan sendiri.weeee
:p


Pada lantai satu terdapat ruang baca yang nyaman dan ruang internet. Fasilitas komputer yang tersedia sekitar 200 unit IMac. Untuk saat ini masih belum ada pembatasan waktu untuk menggunakan internet dengan fasilitas komputer yang ada. Jadi UI-ers bisa berinternet ria tanpa batas, namun untuk selanjutnya dimungkinkan ada pembatasan penggunaan internet dengan batas maksimal 2,5 jam saja.
Lantai dua terdapat beragam buku dari seluruh fakultas. Kumpulan buku yang ada di sini dapat dipinjam. Umumnya setiap mahasiswa S1 boleh meminjam hingga 5 buku dan mahasiswa pascasarjana maksimal 7 buku. Selain itu terdapat ruang baca bagi mahasiswa pascasarjana yang berbentuk seperti kubus atau disebut kubikus.
Selain terdapat kumpulan buku teks, ada pula kumpulan skripsi, tesis, dan disertasi dari seluruh fakultas yang ada di UI. Tidak seperti buku teks, kumpulan tugas akhir mahasiswa yang ada di sini tidak boleh dipinjam. Buku-buku rujukan seperti kamus dan esiklopedi juga tersedia di sini.
Selanjutnya, lantai lima hingga lantai delapan dijadikan sebagai ruang pertemuan dan ruang seminar. Ruangan ini berada di bawah tanggung jawab Direktorat Fasilitas.
Menurut Staf Humas Perpustakaan Pusat UI, Kalarensi Naibaho yang akrab disapa  Clara, “Perpus UI patut dibanggakan karena bangunannya yang besar dan arsitektur yang bagus. Namun tata cara peminjamannya masih jauh dari standar international. Apabila dibandingkan dengan perpus luar negeri, perpus UI masih banyak manualnya seperti peletakkan buku, dan lain sebagainya.”
Tata cara peminjaman buku adalah dengan menggunakan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Mahasiswa dapat meminjam buku sendiri dan meletakkan buku yang sudah di pinjam pada mesin book drop.
Namun, hingga Agustus ini hanya mahasiswa UI saja yang boleh menikmati fasilitas-fasilitas yang ada di Perpus UI. Beruntunglah kalian para mahasiswa UI.
UI-ers, marilah kita ukir prestasi yang membanggakan bagi kampus kita. Jangan hanya terkesima dan menjadikannya sebagai tempat bersenang-senang, tapi jadikanlah segala fasilitas yang tersedia sebagai sarana yang mempermudah kita untuk berpikir kreatif dalam menciptakan karya untuk bangsa. Keep move on! More information visit www.lib.ui.ac.id or send email to library@ui.ac.id



Other Project


n  Gedung Vokasi UI
UI-ers, bagi kalian mahasiswa vokasi, kalian tidak perlu lagi menumpang pada fakultas masing-masing. Karena tahun ini, kalian sudah memiliki kampus sendiri yang terletak di Kukusan Kelurahan (Kukel).
            Gedung perkuliahan vokasi terdiri dari enam lantai dan mampu menampung sekitar 9900 mahasiswa, 240 staf pengajar dan 110 karyawan dengan total luas keseluruhan bangunan mencapai 32.000 meter persegi dari empat hektar luas area yang dimiliki.
Menurut Ketua Pembangunan Gedung Vokasi, Prof. Dr. Ir. Emirhadi Suganda M.Sc proses pembangunan gedung vokasi akan melalui tiga tahap, yaitu di tahun 2010 akan dibangun area seluas 1,3 hektar dengan luas bangunan mencapai 12.500 meter persegi. Tahap pembangunan yang kedua dilaksanakan pada 2012 dengan membangun 3 gedung yang memiliki area seluas 9500 meter persegi dan terakhir di tahun 2013 akan dibangun 4 gedung dengan luas 10.400 meter persegi.
 Gedung vokasi direncanakan memiliki tiga jenis bangunan yaitu gedung perkuliahan yang terdiri dari enam lantai, gedung administrasi dan laboratorium yang juga terdiri dari enam lantai serta gedung pusat bisnis.

n  Gedung Baru Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom)
Gedung baru fasilkom yang terletak di zona ilmu science berdiri dilahan seluas satu hektar dengan total luas gedung mencapai 20.000 meter persegi. Dalam laporannya, ketua pembangunan gedung, Prof. Dr. Ir. Emirhadi Suganda M.Sc., menyampaikan bahwa pada tahap pertama, area yang akan dibangun seluas 4800 meter persegi meliputi delapan lantai yang terdiri atas laboratorium, ruang kuliah, kantor, auditorium dan ruang penunjang. Gedung ini diperkirakan mampu menampung 10.000 mahasiswa, 200 staf pengajar dan 100 orang karyawan.

n  Art and Cultural Centre UI
Sementara gedung Sekolah Seni dan Perancangan lingkungan terletak di zona sentrum antara Balairung dan Mesjid UI. Didirikan di atas lahan seluas 11.600 meter persegi, gedung hasil rancangan arsitek kenamaan Mochamad Ridwan Kamil ini berfungsi untuk menampung minat mahasiswa UI yang tertarik dengan dunia seni. Sama seperti gedung fasilkom, gedung sekolah seni dan perancangan lingkungan ini dibangun untuk tahap pertama dengan seluas 4800 meter persegi meliputi auditorium, galeri, kantor dan ruang penunjang. Direncanakan kedua gedung yang memiliki desain yang khas dan unik ini akan selesai pada tahun 2012.

Sumber: www.ui.ac.id


You Might Also Like

0 comments