Opini: Waspadalah Naik Bis 54 Depok-Grogol!

2:35 AM








            Jika anda ingin menggunakan patas non-AC 54 untuk tujuan Depok-Grogol, siapkanlah uang pas dan jaga barang-barang Anda.

            Tarif tiap penumpang pada bis ini umumnya adalah Rp 2500,00 namun, ada beberapa kondektur yang dengan sengaja mengenakan biaya Rp 3000,00 kepada para penumpang. Memang hal ini bukanlah masalah yang harusnya dibesar-besarkan, namun akan menjadi sangat menyebalkan apabila uang yang telah disiapkan untuk naik bis selanjutnya—setelah naik patas non-AC 54-- jadi terpangkas akibat kondektur yang memintai ongkos tidak sesuai tarif.
             Alasan kondektur yang memintai ongkos tidak sesuai tarif ini bukanlah karena dia tidak memiliki kembalian uang lima ratusan, melainkan karena faktor kesengajaan. Namun, hal ini tidak dilakukan oleh semua kondektur—hanya beberapa saja.
            Selain itu, pencopetan juga masih sering terjadi di bis 54, khususnya pencopetan handphone. Biasanya dilakukan dengan modus menyamar sebagai penumpang. Sang pencopet pun biasanya turun di sekitar Jalan Baru, Tanjung Barat, dan Lenteng Agung setelah melakukan aksinya.
            Walau begitu, bis ini tetap menjadi bis unggulan bagi mereka yang berasal dari kelas menengah ke bawah yang ingin pergi untuk tujuan Depok-Grogol, karena bis lain—patas AC--  dengan atau tidak dengan trayek yang sama (seperti patas AC 81 Depok-Kalideres, Deborah Depok-Kalideres, Patas AC 143 Depok-Grogol, Patas AC 48 Depok-Grogol) mengenai tarif  Rp 6000,00 per penumpang yang dimungkinan tidak bisa dijangkau oleh sebagian dari mereka yang mayoritas penumpangnya adalah pedagang, karyawan, dan mahasiswa. 

You Might Also Like

0 comments