Kemelut

10:28 PM

Beberapa minggu terakhir terasa begitu berat. Ada target yang terasa sulit untuk dicapai *sampai sekarang juga masih terasa sulit* dan terlalu banyak overthinking.
Tapi, Tuhan itu baik. Ada saja cara yang membuat mata saya terbuka dan mencoba belajar untuk mendinginkan kepala sejenak, walau pun kenyataannya sungguh sulit.
Jumat lalu, saya menemukan quotes ini:
"Life is 10% what happens to you, and 90% how you respond to it. Good morning, have a great Friday!"
Jumat berlalu, namun yang namanya kehidupan ada saja hal kecil yang bisa membuat hidup kita jadi kelabu seketika. Salah satunya ketika mendapat kabar adanya orang terdekat saya yang merasa selalu ditimpa kesulitan, dan kemudahan itu tak kunjung datang dalam satu tahun terakhir. Sulit dan terjepit pada waktu yang bersamaan.
Lalu saya menemukan quotes ini pada hari Minggu dan memberitahukan kepadanya ditengah-tengah obrolan kita:
"We are not given a good life or a bad life. We are given a life. It’s up to us to make it good or bad. Have a great weekend!"
Ya, quotes ini membuat dirinya sedikit meresapi apa yang terjadi atas dirinya, walau tidak menyelesaikan masalahnya. Saya sadar, kita yang menentukan hidup kita dan kita yang memilih. Mau itu baik atau buruk, hasil yang kita dapat lebih kurang adalah dari apa yang kita usahakan, kita pikirkan, dan apa yang kita putuskan.
Karena semua itu berasal dari diri kita.
Tentang bagaimana mengetahui hal apa yang benar-benar kita mau. Tentang bagaimana kita menerima apa yang kita tidak punya. Tentang bagaimana kita berterima kasih atas apa yang telah kita miliki.
Saya berdoa ada keberuntungan (lagi). Agar saya bisa melanjutkan perjuangan untuk menjalani quote berikut yang saya temukan kemarin:
"If you are lucky enough to find a way of life you love, you have to find the courage to live it." John Irving
Untuk quote ini saya belum menemukan "a way" yang dimaksud. Tapi saya akan mencari dan menyiapkan keberanian untuk menjaganya agar semangatnya tetap berkobar  tanpa padam. Mulai sekarang.
~Ditulis ketika sedang hilang arah~ 210415

You Might Also Like

0 comments