Kebun Binatang Ragunan: Merdeka Tapi Tetap Terkurung!

2:09 PM

Merdeka!


Kenapa gue buka dengan quotes 'merdeka!"?
Soalnya gue akan sedikit bercerita mengenai pengalaman gue pada 17 Agustus kemaren.

Sabtu, 17 Agustus 2013 itu....
1. Hari Sabtu
2. Malem minggu
3. Hari kemerdekaan
4. Weekend
5. Hari libur
6. Pasti rame di tempat-tempat rekreasi
7. Ulang tahun gue... (yang ini skip aja kali ya)

Dengan alasan tujuh poin di atas, gue ada niatan untuk jalan-jalan ke tempat rekreasi yang bersahabat, rame, dan sepaham sama keadaan kantong gue yang lagi 'labil ekonomi'. Maka gue putuskan untuk jalan-jalan ke Kebun Binatang Ragunan yang terletak di Jakarta Selatan.

Perjalanan dari rumah gue ke lokasi cukup lancar, yaa... kayak biasa... Macet pas lampu merah. Akhirnya, gue sampe sana pukul 3 sore, dan ternyata masih rame. Ada yang baru sampe juga, dan ada yang udah mau pulang. Mereka yang udah mau pulang ada yang beli souvenir dulu, buah-buahan dulu, atau sekedar liat-liat dagangan kaki lima yang ada di sekitar Ragunan.

Btw, gue ke sana bareng Podolski dan cuma muter-muter aja liat hewan-hewan. Ada yang dilepas dan ada yang dikurung.
Namun, gue menemukan sesuatu yang kontras di sana. Ada banyak keluarga yang ketawa-ketiwi, buang sampah di sana-sini, terus pulang. Ada juga keluarga yang muter sana-sini, lemparin makanan ke hewan. Ada yang tiduran di rerumputan, ada yang main bola, ada pedagang yang jualan dengan harga yang merakyat, dan ada juga patroli petugas keliling. Semuanya berjalan normal aja. Tapi, hewan-hewan di sana di kerangkeng, terkurung, lesu, gak semangat, tidur-tiduran, kekurusan, kurang makan, kotor (karena jarang dimandiin kayaknya), dan lain sebagainya.

Dirasa-rasa esensi merdeka yang gue rasain di tempat rekreasi ini hampir gak berasa. Gue lebih ngerasa hari itu kayak hari biasa aja, weekend, Sabtu, liburan bareng keluarga, happy, happy.

Udah.

Akhirnya pas jam 5 semua pengunjung udah disuruh keluar karena jam rekreasinya udah abis. Tapi ada yang spesial hari itu, khusus untuk anak yang ultah ditanggal 17 Agustus dapet tanda mata dari Ragunan dan produk sponsor. Pertama sih cuma buat 17 orang pertama gitu, tapi ternyata yang antri banyak banget. Gak nyangka yang ultah tanggal 17 Agustus banyak juga.

Gak banget deh baris-berbarisnya. Singkat cerita, udah lama antri, keringetan nunggu, ternyata cuma dapet payung.hahaha
Sumpah koplak juga!

Akhirnya, abis itu kita pulang sambil bawa payung gratisan dari Ragunan. Makasih Ragunan.

Oh iya, ini ada sedikit oleh-oleh yang gue bawa dari Ragunan.

Selamat menikmati.

 
 

 

 

 

 

*these photos was taken and edited by me*


You Might Also Like

0 comments